Memahami Pengertian Manajemen Fungsi, Prinsip, Tujuan, dan Macam-Macam

Baik dalam berorganisasi maupun membangun usaha, menerapkan sistem manajemen yang baik mutlak untuk dilakukan. Tanpa manajemen yang mumpuni, jangan berani bermimpi akan meraih tujuan yang diangankan. Namun, tak mungkin juga seseorang bisa mengelola sesuatu dengan optimal bila masih belum mengetahui apa pengertian manajemen.

Mormon Letters, melalui Artikel ini akan memberikan Anda basis pemahaman mengenai manajemen. Tidak hanya memaparkan pengertian manajemen dari beberapa sumber, artikel ini juga akan memberikan penjelasan mengenai macam-macam manajemen.

Pengertian Manajemen Secara Umum

pengertian manajemen secara umum
medium.com

Berbicara mengenai manajemen, maka kita sedang membahas tentang proses. Proses yang meliputi pengaturan, perumusan, hingga pengendalian segala aspek yang menjadi bagian dalam organisasi atau perusahaan.

Kalau merunut dari asal katanya, manajemen sebenarnya merupakan kata yang disadur dari bahasa Perancis kuno, menagement. Makna kata ini adalah seni pelaksanaan dan pengaturan.

Sebagaimana sifat seni, maka penerapan manajemen pun relatif dan tidak baku. Tidak hanya itu, seni punya karakter yang tertata, terstruktur, dan indah.

Maka jelaslah dari makna katanya sendiri, manajemen mengedepankan keteraturan melalui seni pengelolaan yang terstruktur dengan baik.

Jika seni pelaksanaan adalah pengertian manajemen ditinjau dari aspek etimologi, maka bagaimana dengan pengertian manajemen secara umum?

Pengertian manajemen secara umum adalah proses yang dilaksanakan dengan maksud untuk mencapai tujuan dari organisasi melalui kerja sama tim yang solid.

Pelaksanaan manajemen pasti mempunyai subjek dan objek. Bila subjek berarti pihak yang mengatur, maka objek merupakan hal atau orang yang akan diatur.

Meski kerap digunakan dalam organisasi atau perusahaan, tapi bukan berarti Anda tidak dapat memanfaatkan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari. Justru bila Anda mengunakan ilmu manajemen dalam keseharian, tindakan tersebut akan memberi kemudahan dalam menjalani rutinitas. Bahkan dalam ranah pendidikan sekalipun.

Pengertian Manajemen Menurut Teori Pendidikan

pengertian manajemen menurut teori pendidikan
twitter.com

Menyoal manajemen dari sudut pandang teori pendidikan sebenarnya tak jauh berbeda dengan pengertian yang telah dibahas sebelumnya. Hanya saja pengertian manajemen menurut teori pendidikan terasa lebih mendetail.

Pengertian manajemen menurut teori pendidikan adalah proses penyusunan rencana, perumusan, pelaksanaan, dan pengontrolan dari kegiatan pengelolaan seluruh sumber daya, yang mencakup materi, uang, manusia, cara, mesin, waktu, market, hingga informasi. Semuanya dilakukan untuk meraih tujuan dengan efektif dan efisien di dalam ranah pendidikan.

Dalam hal ini, manajemen dilakukan untuk bisa memastikan objek mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan target yang ditentukan. Objek yang dimaksud menitikberatkan pada manusia beserta sumber daya lain yang mendukung pencapaian target pendidikan.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
d-russia.ru

Lantas, apa pula pengertian manajemen menurut para ahli? Berikut adalah rangkuman dari beberapa definisi manajemen yang diutarakan oleh para pakar.

Pengertian Manajemen Menurut Henry Fayol

Manajemen adalah proses yang meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, hingga pengendalian atau kontrol atas segala sumber daya yang tersedia, sehingga dapat mencapai seluruh target dengan efektif dan efisien.

Dengan kata lain, ilmu manajemen disusun oleh gagasan atas lima fungsi penting yaitu, membuat rancangan, memerintah, melakukan pengorganisasian, pengendalian, dan koordinasi.

Pengertian Manajemen Menurut R. Terry

Manajemen merupakan proses unik yang terdiri dari rangkaian tindakan perencanaan, pengorganisasian, dan mobilisasi serta pengontrolan, yang dilaksanakan dengan maksud untuk menentukan arah demi mencapai tujuan yang sudah dibuat melalui pemanfaatan sumber daya manusia beserta sumber daya lainnya.

Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan upaya untuk pengendalian, termasuk pemanfaatan sumber daya yang ada di dalam organisasi, dengan tujuan untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh segenap anggota organisasi.

Pengertian Manajemen Menurut Lawrence A. Apley

Manajemen adalah seni yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan dan dilakukan melalui usaha orang lain.

Pengertian Manajemen Menurut Ricky W. Griffin

Manajemen merupakan proses bertahap yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, dan kontral dari setiap aspek sumber daya yang tersedia, sehingga bisa mencapai tujuan (goals) yang sudah dibuat secara efektif dan efisien.

Dalam hal ini, efektif berarti tujuan tercapai sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Sedangkan efisien berarti terlaksana dengan baik dan terorganisasi sesuai tenggat waktu yang sudah disusun oleh segenap anggota organisasi.

Pengertian Manajemen Menurut Prof. Eiji Ogawa

Manajemen adalah perancangan, penerapan, dan pengendalian dari setiap aktivitas, yang termasuk didalamnya yakni kegiatan produksi yang dilakukan oleh setiap organisasi usaha, diawali dengan penetapan setiap target atau tujuan, sehingga performa kerja sesuai dengan kondisi yang ada (bersifat fleksibel).

Pengertian Manajemen Menurut Federick Winslow Taylor

Manajemen adalah percobaan yang dilaksanakan dengan serius untuk menghadapi segala permasalahan yang timbul pada setiap kepeminpinan perusahaan atau organisasi dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan memanfaatkan alat perumusan.

Pengertian Manajemen Menurut William H. Newman

Manajemen adalah fungsi yang saling berkaitan satu sama lain, yang digunakan untuk bisa mencapai tujuan tertentu melalui orang lain.

Pengertian Manajemen Menurut Renville Siagian

Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergerak pada jasa pelayanan yang dikelola oleh para tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan memiliki kompetensi.

Pengertian Manajemen Menurut G.R. Terry

Manajemen adalah suatu proses yang memerlukan arahan dan panduan dari sekelompok orang untuk dapat mencapai tujuan organisasi yang riil.

Itulah beberapa pemaparan pengertian manajemen ditinjau dari pandangan para pakar. Yang pasti pemaparan dilakukan tanpa mengubah makna definisi meski dibuat dengan gaya penulisan yang baru.

Fungsi Manajemen

pengertian dan Fungsi Manajemen
infokampus.news

Manajemen digunakan untuk mengelola atau mengatur segala hal, untuk menjadikannya terstruktur. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah fungsi-fungsi dari manajemen:

Fungsi Perencanaan

Dalam fungsi ini, Anda harus dapat membuat tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi. Caranya, dengan membuat visi dan misi jangka pendek serta jangka panjang. Bukan cuma itu, Anda pun perlu membuat detail strategi yang akan dilakukan demi mewujudkan visi yang sudah disusun.

Dengan demikian, pencapaian tujuan organisasi pun akan menjadi lebih terukur dan optimal.

Fungsi Pengorganisasian

Fungsi ini berkaitan dengan tindakan pengaturan. Hal ini dilakukan untuk menempatkan orang atau sumber daya yang tepat di posisi yang semestinya. Dalam hal ini, bila berbicara mengenai individu, maka Anda perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap anggota tim.

Dengan penempatan yang tepat, setiap anggota tim akan punya peran yang optimal dalam mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Penempatan

Mungkin Anda akan merasa bahwa fungsi ini mempunyai kesamaan peran dengan pengorganisasian. Faktanya, fungsi ini memang sangat mirip. Perbedaan antara kedua fungsi ini terletak pada objek yang diatur.

Pada fungsi penempatan, objek yang diatur adalah sumber daya yang dimiliki organisasi atau perusahaan secara umum. Sebagai contoh, sumber daya berupa perlengkapan, peralatan, dan beragam hal yang membutuhkan sistem inventarisasi.

Fungsi Koordinasi

Pelaksanaan kerja memerlukan pengarahan yang tepat, sehingga dapat berjalan dengan efektif juga efisien dari segi tenaga maupun waktu. Di sinilah peran dari koordinasi.

Fungsi ini mempunyai subjek pihak yang memegang posisi atasan atau manajer yang berkewajiban untuk mengkoordinasi atau memberikan arahan dan panduan kepada tim di bawahnya.

Melalui adanya koordinasi, maka kinerja tim akan maksimal. Anda pun bisa membuat pengukuran kompetensi dan pencapaian kerja dari setiap individu di dalam tim yang ada.

Fungsi Pengendalian

Setelah melakukan koordinasi, maka fungsi selanjutnya yang tak kalah penting adalah pengendalian. Fungsi ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas kerja yang telah terlaksana. Sejauh mana pelaksanaan kerja mendekati atau bahkan mencapai tujuan yang diinginkan.

Sebaliknya, bila ternyata strategi kerja yang selama ini diterapkan kemudian setelah dievaluasi menunjukkan hasil yang kurang signifikan, maka dapat dibuat kebijakan yang baru. Dengan adanya fungsi pengendalian inilah, standar kerja ditegakkan agar mampu memenuhi perencanaan yang telah dibuat demi mencapai target atau tujuan organisasi.

Macam-Macam Manajemen

Macam-Macam Manajemen
hrpayrollsystems.net

Manajemen mempunyai beberapa jenis yang masing-masing dibentuk mengikuti dengan kebutuhan dan aspek yang dikelola. Berikut ini adalah macam-macam manajemen yang umum digunakan.

Manajemen Pemasaran

pengertian manajemen pemasaran
lifewire.com

Secara definisi, manajemen pemasaran merupakan cara atau strategi yang dilakukan untuk mencapai target dan tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan. Cara ini ditempuh dengan menggunakan, mengoptimalkan, dan mempertimbangkan sumber daya berikut segala peluang yang tersedia. Nantinya, seluruh strategi akan diukur efektivitasnya.

Manajemen pemasaran bisa dikatakan sebagai salah satu jenis yang paling banyak diterapkan di dalam perusahaan. Penerapan manajemen ini pun tak mengenal skala usaha yang dilakukan.

Intinya, besar ataupun kecil perusahaan atau organisasi Anda, bila dirasa perlu, maka silakan menerapkan manajemen pemasaran.

Tak dapat dimungkiri, bahwa pemasaran memang menjadi tonggak utama berjalannya roda usaha. Produk tidak bakal laris dengan sendirinya. Untuk itulah diperlukan pengelolaan pemasaran yang mumpuni dan tim yang kompeten untuk memastikan proses usaha mencapai target.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia
twitter.com

Mungkin inilah manajemen yang juga paling sering ditemukan di berbagai ranah usaha atau organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) berfokus pada pengelolaan manusia, sehingga setiap individu bisa melaksanakan kerja sama dengan efisien dan efektif dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan.

Sama halnya dengan manajemen pemasaran, manajemen SDM pun bisa diterapkan di ranah usaha apapun tanpa terbatas bidang yang dijalani, serta pada skala mana pun, baik besar ataupun kecil.

Mengingat besar ataupun kecil suatu organisasi, pengelolaan manusia yang dilakukan dengan baik akan membantu memastikan performa kerja berjalan dengan optimal.

Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
solusiukm.com

Berbeda dengan manajemen pemasaran, manajemen K3 mempunyai definisi sebagai pengelolaan yang diterapkan dalam lingkungan kerja.

Aspek yang dikelola meliputi struktur organisasi, mulai dari tahap perancangan hingga penerapan di lapangan, prosedur, sampai dengan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif dan mendukung performa.

Sebagian dari Anda mungkin tidak familier dengan manajemen K3. Wajar saja, mengingat manajemen K3 tidak diterapkan pada semua bentuk bisnis atau badan usaha.

Manajemen K3 hanya dibutuhkan pada lingkungan kerja yang memerlukan keterampilan dan kewaspadaan yang tinggi. Misalnya, pada proyek konstruksi bangunan, laboratorium, pabrik, pertambangan, dan sejenisnya.

Dengan menerapkan manajemen K3, maka risiko terjadinya kecelakaan atau inefisiensi kinerja dapat diminimalisasi. Dengan demikian, keselamatan dan keamanan kerja setiap sumber daya manusia bisa terjamin.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian manajemen berikut uraian seputar fungsi dan macamnya. Setelah mengetahui pengertian manajemen, tentu Anda akan lebih memahami bagaimana cara terbaik untuk menerapkannya.

Tinggalkan komentar