Inilah Pengertian Demokrasi dari Berbagai Sumber yang Penting untuk Anda Ketahui

Tentu Anda semua telah mengetahui bahwa Indonesia menganut demokrasi sebagai bentuk pemerintahan yang berdaulat. Akan tetapi, ada kekhasan tersendiri bila menyoroti penerapan demokrasi di tanah air. Untuk memahaminya, Anda perlu mengetahui pengertian demokrasi secara menyeluruh. Sebagaimana yang kami siapkan dalam artikel ini.

Pengertian Demokrasi Secara Umum

pengertian demokrasi
seraamedia.org

Kata demokrasi bersumber dari demokratia yang merupakan bahasa Yunani. Makna kata ini adalah “kekuasaan rakyat”.  Kata ini sebenarnya disusun dari dua padanan kata yakni demos dan kratos. Bila demos merujuk pada arti “rakyat”, maka kratos berarti “kekuasaan”.

Sesuai dengan makna katanya, demokrasi memang mengutamakan keinginan atau kesejahteraan rakyat dalam membangun pemerintahan. Ini berarti bahwa, demokrasi akan beririsan dengan lini sosial, ekonomi, kebudayaan, khususnya ranah politik.

Lalu, apakah pengertian demokrasi secara umum? Demokrasi merupakan konsep pemerintahan yang memberikan hak kepada seluruh warga negara untuk memberikan suaranya dalam pengambilan keputusan.

Merujuk pada definisi tersebut, maka rakyat punya kemampuan untuk menyatakan pendapatnya, bahkan boleh terlibat dalam merumuskan hukum. Rakyat dapat menyampaikan pendapatnya melalui wakil yang dipilihnya.

Meski terdengar ideal, akan tetapi ada kelemahan dari penerapan sistem demokrasi ini, yaitu:

  • Prinsip kesetaraan hak justru terkadang dianggap menjad blunder. Pasalnya, tidak semua lapisan masyarakat memahami konsep dan kondisi politik yang terjadi di negaranya sendiri. Mereka yang punya keterbatasan wawasan politik kerap menjadi boneka bagi sebagian orang yang menginginkan porsi kekuasaan.
  • Rakyat bisa dengan mudah dipengaruhi oleh pihak penguasa yang memegang kendali atas media. Tak jarang media memberitakan informasi yang membangun opini publik untuk mendukung pihak tertentu.
  • Pemerintah yang sedang menjabat biasanya berkurang fokusnya terhadap urusan rakyat, tatkala waktu pemilihan umum semakin dekat. Tak jarang pemerintah lebih aktif melakukan pencitraan atau kampanye terselubung agar kembali terpilih ketimbang berkonsentrasi menjalankan tanggung jawab dari jabatannya.

Di sisi lain, ada pula keunggulan dari sistem demokrasi yang penting untuk diketahui sebagai berikut:

  • Pemimpin pemerintahan dan para wakil rakyat dipilih berdasarkan suara dari setiap warga negara.
  • Demokrasi mendukung keterlibatan setiap warga negara untuk turut andil dalam perpolitikan negara.
  • Adanya pemilihan umum yang dilakukan secara berkala, mencegah adanya monopoli dalam pemerintahan.

Terlepas dari segala kelemahan dan keunggulannya, demokrasi bisa dibilang sebagai opsi terbaik untuk bentuk pemerintahan. Dengan catatan, warga negara mesti diperkuat dengan wawasan politik dan kebangsaan yang mumpuni.

prinsip demokrasi
medium.com

Kami telah memberikan paparan mengenai kelemahan dan keunggulan demokrasi. Sekarang, saatnya mengetahui beberapa prinsip umum dari sistem demokrasi.

  1. Kebebasan yang diakui dan diterima oleh setiap individu selaku warga negara.
  2. Adanya partisipasi rakyat Indonesiaa dalam hal penyusunan atau perumusan keputusan politik yang menyangkut hajat hidup masyarakat.
  3. Persamaan hak di antara setiap individu selaku warga negara.
  4. Rakyat memiliki persamaan dan setara di dalam hal praktik politik.

Keempat prinsip tersebut kemudian menjadi acuan dalam melaksanakan demokrasi. Namun bukan berarti demokrasi tak punya variasi. Ada pembagian jenis demokrasi yang dibuat dengan jabaran sebagai berikut:

  1. Demokrasi Berdasarkan Fokus

Ada tiga jenis demokrasi yang dijalankan dengan berlandaskan fokus yang diperhatikan yakni,

  • Demokrasi Formal:

Inilah demokrasi yang mempunyai perhatian khusus di ranah politik

  • Demokrasi Material:

Demokrasi yang menitikberatkan pada bidang ekonomi yang tidak mengurangi adanya kesenjangan politik.

  • Demokrasi Gabungan:

Demokrasi yang satu ini adalah bentuk kombinasi antara demokrasi formal dan demokrasi material.

  1. Demokrasi yang Dilaksanakan Atas Penyaluran Keinginan Warga Negara

Ada dua jenis demokrasi dari golongan ini yaitu:

  • Demokrasi Langsung (Direct Democracy).

Sesuai namanya, demokrasi ini secara langsung mengajak rakyat untuk terlibat secara aktif dalam proses pengambilan keputusan kenegaraan. Hal ini bisa dilihat dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

  • Demokrasi Tidak Langsung (Indirect Democracy).

Berbeda dengan jenis demokrasi sebelumnya, di sini justru pelibatan rakyat dalam pengambilang keputusan, dilakukan secara tidak langsung. Demokrasi ini sejalan dengan apa yang diterapkan di Indonesia, di mana keputusan diambil oleh para perwakilan rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Beberapa Mahasiswa

Ini adalah video yang diambil dari youtube yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran, semoga video ini membantu.

Pengertian Demokrasi Pancasila

pengertian demokrasi pancasila
rmolsumut.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada ciri khusus dari demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Kekhasan itu adalah Pancasila yang menjadi landasan dalam sistem demokrasi yang berjalan di tanah air.

Pancasila merupakan ideologi yang dibangun melalui perjalanan panjang terbentuknya Indonesia. Sebagaimana posisinya sebagai pedoman, maka tidak ada keputusan pemerintahan yang dibuat tanpa merujuk pada Pancasila.

Secara umum demokrasi Pancasila merupakan paham yang bersumber dari falsafah kehidupan rakyat Indonesia dan digali berdasarkan kepribadian masyarakat Indonesia sendiri. Melalui pandangan hidup bangsa Indonesia, maka lahirlah dasar falsafah negara yang dikenal dengan Pancasila di mana terdapat, tercermin, dan terkandung di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Demokrasi Pancasila juga memiliki beberapa penafsiran berdasarkan apa yang dikemukakan oleh para ahli, berikut ini:

  • Menurut Kansil:

Demokrasi Pancasila adalah bentuk demokrasi yang digunakan bangsa Indonesia di mana bertujuan untuk memenuhi tujuan bangsa Indonesia yang telah dicantumkan dalam batang tubuh pembukaan UUD 1945 dan dilaksanakan tentunya sesuai UUD 1945.

  • Menurut Prof. Notonegoro:

Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan yang berketuhanan yang maha esa, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mepersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  • Menurut Prof. Darjdi Darmo Diharko:

Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia, yang diwujudkan seperti dalam ketentuan-ketentuan Pembukaan UUD 1945.

Demokrasi Pancasila berjalan dengan merujuk pada acuan-acuan penting. Acuan dalam penerapan demokrasi ini dikenal dengan asas kerakyatan dan asas musyawarah.

  • Asas kerakyatan adalah kesadaran untuk mencintai rakyat, berpadu dengan nasib dan cita-cita rakyat. Di dalam asas ini, demokrasi Pancasila mempunyai dasar rasa cinta dan berpadu dengan rakyat sehingga bisa memenuhi cita-cita yang utuh.
  • Asas musyawarah menitikberatkan pada musyawarah yang berperan sebagai media penting untuk menyatukan pendapat dengan rasa kasih sayang dan pengorbanan untuk kebahagiaan rakyat Indonesia.

Selain asas yang telah dipaparkan di atas, terdapat beberapa ciri dari demokrasi Pancasila, yaitu:

  1. Pemerintah berjalan atas dasar konstitusi.
  2. Tidak terdapat pihak oposisi.
  3. Terdapat pemilihan umum secara berkala yang menunjukkan bahwa tidak ada kebebasan yang mutlak untuk setiap perseorangan.
  4. Terdapat peran dari kelompok kepentingan.
  5. Perlindungan hak untuk kaum minoritas diterapkan berikut penghargaan hak asasi manusia.
  6. Terdapat kompetisi untuk penyampaian pendapat serta pilihan solusi untuk memecahkan problematika.
  7. Penentuan keputusan dibuat atas dasar musyawarah mufakat.

Dari beberapa uraian mengenai demokrasi Pancasila, Anda bisa melihat betapa besarnya pengaruh Pancasila dan UUD 1945 dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan. Itulah mengapa definisi demokrasi ini kerap dikenal pula sebagai pengertian demokrasi nasional.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

pengertian demokrasi menurut para ahli
Maxmanroe.com

Bila tadi kita sudah membahas mengenai demokrasi Pancasila dan prinsip demokrasi nasional, maka kini saatnya membahas pengertian demokrasi di mata para ahli. Masing-masing pengertian memiliki benang merah yang akan memudahkan Anda untuk memahaminya.

  • Menurut Aristoteles:

Demokrasi adalah kebebasan. Melalui demokrasi, warga negara dapat berbagi kekuasaan di dalam kehidupan bernegara.

  • Menurut Koentjoro Poerbopanoto:

Demokrasi adalah sistem yang memungkinkan rakyat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam berjalannya pemerintahan.

  • Menurut Hans Kelsen:

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dilakukan oleh dan untuk rakyat. Pihak yang melaksanakan pemerintahan dan memegang kekuasaan atas negara adalah mereka yang telah dipilih oleh rakyat. Dengan demikian, rakyat merasa yakin bahwa para wakil rakyat akan memperhatikan segala kepentingan mereka, melalui aturan-aturan yang dibuat.

  • Menurut Abraham Lincoln:

Demokrasi adalah kerangka pemerintahan yang dibentuk dari rakyat, oleh, dan untuk rakyat.

  • Menurut Charles Costello:

Demokrasi adalah sistem yang berjalan di ranah sosial maupun politik dalam pemerintahan yang kekuasaannya diberi batasan oleh hukum yang berlaku dengan kebiasaan untuk melindungi hak-hak dari perseorangan.

  • Menurut Prof. Muhammad Yamin:

Demokrasi adalah dasar dalam membentuk pemerintahan yang mana di dalamnya, kekuasaan dalam mengatur dan memerintah dikontrol oleh seluruh warga negara.

  • Menurut Philippe C. Smitter:

Demokrasi adalah teori yang mengemukakan bahwa negara mesti tanggap pada kebutuhan dan keperluan masyarakatnya. Warga negara harus ikut serta dalam merumuskan kebutuhan dan menyampaikan kepentingannya secara bebas dan aktif.

  • Menurut Joseph A. Schumpeter:

Demokrasi adalah sistem politik di mana para pengambil keputusan secara kolektif dipilih melalui pemilihan umum yang dilaksanakan pada periode waktu tertentu. Setiap warga negara dewasa mempunyai hal untuk memilih siapa pemangku kekuasaan. Joseph juga menyatakan bahwa demokrasi mestilah mencakup 2 poin penting yaitu, persaingan dan partisipasi.

Berdasarkan setiap definisi yang dikemukakan tadi, Anda bisa melihat keterkaitan dan kemiripan antara satu dengan yang lain. Kesamaan itu terletak pada warga negara yang mempunyai kekuatan untuk memilih pihak yang akan menduduki kekuasaan di dalam pemerintahan.

Pengertian Demokrasi Rakyat

pengertian demokrasi rakyat
AyoBandung.com

Berbeda dengan definisi yang telah dibahas sebelumnya, pengertian demokrasi rakyat dalam klasifikasi demokrasi adalah sistem pemerintahan yang tidak mengenal adanya tingkatan atau strata sosial. Demokrasi ini dikenal pula dengan sebutan demokrasi proletar.

Landasan utama dari demokrasi rakyat adalah paham Marxisme atau dikenal pula dengan Komunisme. Negara yang menerapkan bentuk pemerintahan ini, mengutamakan kekuatan negara untuk menekan rakyat sehingga mau tunduk pada setiap keputusan yang dibuat oleh penguasa.

Karena dianggap setara, maka tidak ada rakyat yang boleh memiliki aset atau modal secara pribadi. Seluruh kekayaan akan diserahkan kepada negara. Dan akan diatur pembagiannya oleh pemegang kekuasaan di negara, dalam hal ini berarti elemen pemerintahan.

Pada demokrasi rakyat, dilakukan sistem partai tunggal. Dengan demikian, kekuasaan akan mudah untuk dikendalikan dan cara ini juga akan menekan munculnya perbedaan aspirasi di tengah masyarakat.

Namun meski terkesan keras, nyatanya demokrasi rakyat diterapkan pada beberapa negara di dunia. Sebagai contoh penerapan paham komunis di China dan negara-negara di Eropa bagian timur seperti, Rumania, Bulgaria, Polandia, hingga Yugoslavia.

Terlepas dari segala bahasan seputar pengertian demokrasi tadi, yang perlu diingat adalah untuk senantiasa membuka diri akan wawasan kenegaraan. Dengan begitu, Anda dapat benar-benar berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita negara sebagaimana yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 1945.

Video Pengertian Demokrasi

Di bawah ini merupakan video yang diambil dari youtube yang merupakan pengertian dan juga perkembangan demokrasi di Indonesia.

Tinggalkan komentar